SDIT Nurul Islam Kediri Gelar Karya P 5 dalam Bentuk Pengamatan dan Aksi Nyata Siswa

Pare (24/01) – SDIT Nurul Islam Pare Kediri Menyelenggarakan kegiatan gelar karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)tema kewirausahaan yang berjudul Presentasi Laporan PATAS (Pengamatan dan Aksi Nyata Siswa) yang berlokasi di SDIT Nurul Islam, Pare, Kediri pada hari Selasa-Rabu, 23-24 Januari 2024.

Kegiatan gelar karya P5 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6 angkatan 16 SDIT Nurul Islam, yang dihadiri pula oleh wali murid sebagai pendamping peserta presentasi tersebut.

Gelar Karya P5 ini juga mengundang motivator sekaligus penilai yang terdiri dari beberapa kepala sekolah SD Swasta dan SD Negeri serta dari instansi lain yang bekerja sama dengan SDIT Nurul Islam. Mereka memberikan komentar serta penilaian terhadap presentasi dan laporan PATAS Kelas 6.

“Setelah dihapusnya UN (Ujian Nasional), kami pihak sekolah berfikir kembali, apa ya yang bisa diberikan untuk calon lulusan SDIT Nurul Islam ini?” Ujar Endang Tri Wahyuni, Kepala Sekolah dari SDIT Nurul Islam Pare

“Bermula saat tahun 2021, tidak ada UN dan sedang terjadi Pandemi Covid-19 di Indonesia. Setelah saya membaca buku Character Building dari Sekolah Alam Indonesia terbitan tahun 2011, dalam buku tersebut, siswa kelas 6 di Sekolah Alam ternyata sudah dibekali satu program yang membuat mereka berfikir secara ilmiah, yaitu membuat sebuah laporan penelitian sederhana, akhirnya kami memutuskan untuk membuat sebuah proyek bagi siswa kelas 6 yang akan lulus dengan mengamati dan memodifikasi program dari sekolah alam tersebut, yaitu membuat laporan Karya Ilmiah Anak yang sederhana” Urai Endang.

“sebelum adanya kurikulum merdeka, kami sudah melaksanakan proyek yang terutama untuk kelas 6. Bermula di tahun 2021 dengan judul tugas akhir siswa KIA (Karya Ilmiah Anak). Kegiatan tersebut mendapat respon baik dari wali murid dan motivator kala itu, akhirnya di tahun 2022 kami melanjutkan program tersebut dengan nama yang sama, yaitu KIA. Lanjut tahun 2023 kami sedikit mengubah nama tugas akhir siswa menjadi ANS (Aksi Nyata Siswa). Di tahun 2023 ini, kami tidak melaksanakan pengamatan atau penelitian, melainkan siswa kelas 6 diminta untuk Magang di beberapa tempat seperti took baju, rumah makan, kursus bahasa inggris dan lain sebagainya. Dan di tahun 2024 ini, kami memodifikasi lagi program tersebut yang akhirnya berubah nama menjadi PATAS (Pengamatan dan Aksi Nyata Siswa). Tahun 2024 ini, siswa kelas 6 diminta untuk memilih antara pengamatan atau magang” jelas Endang.

One thought on “SDIT Nurul Islam Kediri Gelar Karya P 5 dalam Bentuk Pengamatan dan Aksi Nyata Siswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*