Songsong Puncak Hari Guru Nasional 2022, JSIT Jawa Tengah Gelar Sosialisasi Kegiatan dan Lomba

Banjarnegara (06/10) — Menyongsong pelaksanaan kegiatan Puncak Hari Guru Nasional 2022, JSIT Jawa Tengah menggelar sosialisasi ragam kegiatan dan lomba, Senin (03/10) siang.

Sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui platform zoommeeting. Diikuti oleh ratusan kepala sekolah Sekolah Islam Terpadu (SIT) se-Jawa Tengah, segenap panitia pelaksana, serta pengurus JSIT Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022 JSIT Jawa Tengah akan dilaksanakan Sabtu-Ahad, 26-27 November 2022, bertempat di Hotel Surya Yudha Park, Banjarnegara. Sebagai panitia pelaksana (organizing committee) adalah Pengurus JSIT Kabupaten Banjarnegara.

Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zaenal Abidin, S.Pd., dalam sambutan menyampaikan bahwa Hari Guru Nasional merupakan momentum penting bagi insan pendidikan untuk berkreasi, berkolaborasi, dan menginspirasi. Tentunya kita persembahkan untuk kemajuan pendidikan di Jawa Tengah dan Indonesia. Utamanya bagi guru-guru di lingkungan JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

“Sebagaimana tema yang kita usung dalam Puncak Hari Guru Nasional 2022, yakni Semangat Berkolaborasi dan Menginspirasi untuk Pendidikan Indonesia Berkualitas. Bahwa untuk menjadikan pendidikan Indonesia yang berkualitas diperlukan kolaborasi seluruh elemen pendidikan. Juga semangat saling menginspirasi melalui guru berbagi, forum MGMP, maupun melalui lomba-lomba serta gelar karya atau pameran pendidikan,” ungkap Zaenal.

“Ada tiga indikator sukses panitia. Pertama, sukses kepesertaan, bagaimana target peserta dapat dicapai baik. Baik untuk peserta lomba, peserta kegiatan pendukung seperti seminar pendidikan dan seminar parenting, maupun peserta di puncak acaranya. Kedua, sukses pendanaan, bagaimana panitia dapat mengajak para sponsorship bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Ketiga, sukses acara, bagaimana acara pendukung maupun acara puncak dapat berjalan dengan baik dan berkesan sesuai rancangannya,” sambungnya.

Ada beragam acara dalam Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022 JSIT Jawa Tengah, baik yang diselenggarakan secara daring maupun luring. Seminar Nasional Pendidikan, Seminar Parenting Nasional, Bincang Budaya, Lomba Kreativitas Guru, Lomba Kreativitas Kepala Sekolah, Refleksi Hari Guru, Pembinaan Kepala Sekolah, Workshop Pengurus Yayasan, dan Puncak Peringatan Hari Guru Nasional.

Ketua Panitia Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022 JSIT Jawa Tengah, Muhamad Al-Akhyar, S.Pd. menyampaikan bahwa panitia telah merancang beragam kegiatan dalam HGN 2022 ini. Berusaha mewujudkan rancangan itu agar memberikan pengalaman, ilmu yang bermakna dan berkesan bagi seluruh peserta. Termasuk menghadirkan kearifan lokal dan potensi yang ada di Banjarnegara.

“Kami menghadirkan beberapa Pengurus Pusat JSIT Indonesia, akademisi, pakar parenting, dinas pendidikan. Kami juga mengundang Wakil Bupati Banjarnegara untuk hadir sebagai pembicara dalam Bincang Budaya yang mengambil tajuk Relevansi Budaya dengan Pembentukan Karakter Peserta Didik,” terang Akhyar.

“Lomba Kreativitas Guru maupun Lomba Kreativitas Kepala Sekolah tentu akan lebih menyemarakkan jalannya kegiatan. Nantinya akan ada gelar karya di depan ruang-ruang lomba, sehingga semua peserta, tamu undangan, dan lainnya dapat menikmati gelar karya tersebut. Kami mengajak kepada seluruh SIT di Jawa Tengah untuk bersama-sama berkolaborasi menyukseskan gelaran Puncak Hari Guru Nasional 2022 ini,” ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*