Peringati Hari Lahir Pancasila, SMPIT Abu Bakar Yogyakarta Adakan Upacara dan Refleksi

Yogyakarta (01/06) — SMPIT Abu Bakar Yogyakarta melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila pada Rabu, 1 Juni 2022 dengan inspektur upacara Kepala SMPIT Abu Bakar, Herry Purwanto, S.Pd.

Upacara diikuti oleh siswa, guru dan karyawan di halaman Asrama Putri. Upacara ini merupakan salah satu cara bersyukur dan melakukan refleksi akan lahirnya Pancasila sebagai dasar NKRI.

Untuk Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia – sebagai tema nasional Harlah Pancasila, maka sebagai bagian dari warga dunia, maka seluruh civitas akademika SMPIT Abu Bakar, harus membangunnya dari diri sendiri.

Inspektur Upacara, Hery Purwanto dalam amanatnya menyampaikan proses membangun peradaban dunia harus dilakukan dengan lima cara.

“Pertama, Membangun diri sebagai warga yang berketuhanan, memiliki aspek religiusitas yang kokoh, sehingga dapat menjaga dirinya dan lingkungan dari berbagai ‘isme’ yang bertentangan dengan nilai-nilai Ketuhanan itu sendiri,” ungkap Hery.

Kedua, imbuhnya, membangun karakter/adab dengan menjadi hamba Tuhan yang shalih. Bentuknya adalah totalitas penghambaan dan menghormati sesama, seimbang hablum minallah dan hablum minannaas.

“Ketiga, ketika sudah kuat keyakinan dan menjadi hamba yang shalih dan men-shalihkan, maka siap bergotong royong secara kemasyarakatan untuk memupuk, membangun dan menjaga persatuan Indonesia,” terang Hery.

Keempat, sebut Hery, dalam menghadapi kemajemukan dengan bergotong royong tentunya akan dimungkinkan menimbulkan banyak gesekan kepentingan, pendapat dan cara pandang. Maka, semua diselesaikan dengan asas musyawarah mufakat untuk kembali pada nilai ketuhanan, kemanusiaan dan persatuan.

“Kelima, Saat mufakat telah dihasilkan, maka bahu membahu dalam membangun bumi ini sebagai peran khalifah, sehingga dapat bermanfaat bagi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bahkan dunia dalam koridor Rahmatan Lil ‘aalamiin,” tutup Hery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*