Tumbuhkan Karakter Berbudaya Lingkungan, SMAIT Baitul Muslim Adakan Program Pengabdian Masyarakat

Lampung Timur (21/04) — SMAIT Baitul Muslim Lampung Timur mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam momentum Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa – siswi kelas XI SMAIT Baitul Muslim yang berjumlah 103 siswa, terdiri dari 35 putra dan 68 putri.

Kegiatan yang diselenggarakan di 7 desa yang berada di Kecamatan Labuhan Ratu dan Way Jepara yang meliputi Desa Labuhan Ratu IV, Desa Labuhan Ratu V, Desa Labuhan Ratu Baru, Desa Labuhan Ratu I, Desa Labuhan Ratu VI, Desa Braja Asri, Desa Sumberjo, ini digelar sejak Kamis, 14 April 2022 hingga Ahad, 17 April 2022.

Dalam acara pembukaan serta pelepasan siswa -siswi pengabdian, Muslimin selaku Kepala SMAIT Baitul Muslim dalam sambutannya meminta agar pengabdian ini memberikan yang terbaik sehingga ada nilai – nilai kebaikan yang dirasakan oleh masyarakat.

“Pengabdian ini merupakan real Action dari pelajaran – pelajaran yang telah di dapat dari sekolah dan ini merupakan pengabdian pertama kalian harapannya dikerjakan dengan baik dan sukses karena ini akan menjadi acuan program pengabdian SMAIT Baitul Muslim kedepan” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Waka Kesiswaan SMAIT Baitul Muslim, Habib Rusli Fuad mengatakan Program Pengabdian adalah sarana melatih dan mempraktekkan hal – hal yang telah di dapat dari sekolah.

“ Program ini siswa – siswi diminta mempraktekkan hal – hal yang telah mereka dapatkan di sekolah, baik itu yang bersifat religius, leadership sampai kemasyarakatan. Hal ini diaplikasikan melalui kegiatan – kegiatan mereka di pengabdian seperti bakti sosial, merawat masjid, menjadi imam salat dan membantu dan belajar berbagai aktivitas yang dilakukan induk semang dengan bermacam – macam profesi tentunya”.

Ibu Kokom adalah salah satu induk semang (rumah singgah pengabdian) merasa senang dan bersyukur atas pengabdian siswa – siswi SMAIT Baitul Muslim di rumahnya.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih ada anak – anak SMAIT Baitul Muslim di sini, hadirnya mereka membawa kesejukan tersendiri bagi rumah saya mereka baca qur’an, membantu aktivitas rumah dan kegiatan masjid. Pokoknya rumah ini selalu terbuka untuk SMAIT Baitul Muslim” jelasnya.

Kemudian tokoh dan warga setempat sangat apresiasi sekali adanya kegiatan ini. Tercipta manfaat yang banyak baik bagi masyarakat maupun siswa itu sendiri, melatih kemandirian, empati, peduli, rasa hormat. Serta yang terpenting menjadikan siswa – siswi yang mempunyai karakter berbudaya lingkungan yang peduli dan peka terhadap lingkungan di masyarakat adalah nilai visi – misi SMAIT Baitul Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*