Tahun 2020, Indonesia ditargetkan sudah menerapkan ekonomi syariah. Usaha ekonomi berbasis syariah semakin berkembang; perbankan syariah, asuransi, dan pegadaian syariah semakin tumbuh, sementara itu beberapa tahun belakangan muncul usaha hotel dan pasar tradisional syariah. Komunitas masyarakat syariah pun ikut berperan aktif menyebarluaskan ekonomi syariah.
Menangkap perkembangan tersebut, sebanyak 157 siswa SMAIT Ukhuwah Banjarmasin mengikuti kegiatan pengenalan Bank Syariah pada Rabu (12/10). Kegiatan ini berupaya menambah wawasan tentang ekonomi syariah, termasuk di dalamnya terkait Perbankan Syariah. Acara ini terselenggara atas kerjasama SMAIT Ukhuwah dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah cabang Banjarmasin. Manajer Cabang BNI Syariah, Zaenal Arifin berkesempatan menyampaikan paparannya terkait materi yang dinilai juga menumbuhkan karakter pada siswa.
Menurut Ryma Sofyan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAIT Ukhuwah, pemberian wawasan tentang Perbankan Syariah dari para pelaku perbankan sangat diperlukan bagi para siswa.
“Akan terjadi transaksi pada setiap kita, sehingga pembekalan perbankan yang sesuai dengan kaidah Islam sangat penting untuk diketahui oleh siswa,” pungkas Ryma.
Beragam media transaksi dilakukan. Pilihannya mulai dari tradisional hingga menggunakan teknologi. Diperlukan pengetahuan demi kemaslahatan dan ketentraman dalam bertransaksi. Sehingga Ryma menyatakan bahwa pemahaman ekonomi syariah ini adalah sangat fundamen.
Selain sebagai fundamen, juga mempunyai nilai strategis, bila pemahaman ekonomi syariah diberikan sekarang secara menyeluruh, maka peserta didik SMA diperkirakan berumur 16-18 tahun, pada tahun 2020 mereka berumur 24-26 tahun, diprediksi sudah lulus kuliah dan sedang masa-masa produktivitas yang tinggi. Selain itu, lulusan-lulusan SMA diharapkan menjadi kader-kader yang bisa mengisi peluang usaha dan ikut serta mengembangkan usaha yang berbasis ekonomi syariah. Pemahaman ekonomi syariah di sekolah-sekolah menengah, selain sebagai ilmu pengetahuan juga bisa sebagai bagian dari usaha mengembangkan pendidikan karakter pada peserta didik.