Gelar International Scratch Day 2024, SIT Darul Abidin Sikapi Perkembangan Teknologi Internet ke Arah Positif

Depok (17/05) — Sekolah Islam Terpadu (SIT) Darul Abidin menggelar International Scratch Day 2024 yang mengambil tema ‘Protect Our Health and The Health of Our Planet’, di Aula SIT Darul Abidin, Jum’at, (17/05/2024).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari scratch foundation merupakan komunitas coding terbesar di dunia untuk anak-anak. Scratch mempromosikan pemikiran komputasi dan keterampilan pemecahan masalah, pembelajaran yang kreatif, ekspresi diri dan kolaborasi. SIT Darul Abidin merupakan satu-satunya host perwakilan dari Indonesia yang masuk dalam peta kegiatan selebrasi ini bersama dengan 200 negara lainnya di dunia.

Acara dihadiri Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Depok Siti Chaerijah, Kasie PAUD Dikmas Depok Deasy Martini, Ketua Pokja Bunda PAUD Ummu Etty Maryati Salim, Pengawas TK, SD, SMP Dinas Pendidikan Kota Depok Nurhayati, Ijah Sopiah, dan Zainuddin, Direktur SIT Darul Abidin Gamal Iskandarsyah Abidin, para pimpinan, guru serta komite sekolah dan orang tua murid SIT Darul Abidin beserta para tamu undangan.

Direktur SIT Darul Abidin, Gamal Iskandarsyah Abidin dalam sambutannya mengatakan, saat ini anak-anak yang lahir sudah dihadapi dengan dunia internet dan gadget, maka disebut sebagai anak-anak digital native.

“Darul Abidin menawarkan internet sehat melalui eLearning Darbi dan pembelajaran coding, sehingga anak-anak SIT Darul Abidin bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga menjadi produsen dari perkembangan dunia digital. Upaya ini diharapkan bisa membuat anak-anak terhindar dari efek negatif berkembangnya dunia digital saat ini,” ungkap Gamal.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan pihaknya sangat mendukung kreatifitas dan inovasi untuk perkembangan anak-anak dan peserta didik yang nantinya menjadi penerus cita-cita bangsa Indonesia.

“Pemerintah Kota Depok selalu mendukung setiap ajang, kegiatan dan program pendidikan yang bisa mengasah kemampuan dan kreativitas siswa-siswi, karena perkembangan dunia digital dan teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif untuk prestasi generasi muda,” ujarnya.

Perlu diketahui rangkaian acara International Scratch Day 2024 telah berlangsung selama dua pekan terakhir, dengan kegiatan antara lain Infinity Digital Competition yang diselenggarakan untuk sekolah umum yang memperebutkan Piala Wakil Walikota Depok, Science Days Out, dan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*