Tanamkan Kearifan Lokal, SDIT Alamy Subang Ajak Siswa Menanam Sayuran

Subang (23/01) — Sebagai bentuk implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SDIT Alamy Subang mengelar kegiatan Panen Raya yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 4. Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Yayasan Robithoh Subang Ir.

Nurul Fatoni, Kepala Sekolah SDIT Alamy Siti Nurlaela, serta Pengawas Gugus IV Kecamatan Subang. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga mengundang perwakilan orangtua untuk menyaksikan anaknya tampil di hadapan mereka serta para peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Robithoh menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang selama ini sudah bekerja keras, ikhlas, dan sabar dalam mendidik anak – anak mereka. Melalui tangan – tangan guru tersebut diharapkan akan lahir generasi unggul yang senantiasa menanamkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian mereka.

Adapun dukungan, bimbingan dan arahan dari dinas terkait yang diwakili oleh Pengawas Sekolah menjadi energi tersendiri bagi lembaga untuk terus bekerja dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.

Kegiatan panen raya tersebut merupakan puncak dari serangkaian kegiatan P5 yang dilaksanakan sejak beberapa pekan sebelumnya. Pada kegiatan tersebut siswa diajak untuk menanam sayuran menggunakan sistem hidroponik dengan media tanam berasal dari barang – barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Melalui kegiatan menanam sayuran, siswa sebenarnya diajak untuk mengasah kearifan lokalnya terutama berkaitan dengan ketahanan pangan. Sebagai mana kita ketahui, sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Dalam hal ini siswa diajak untuk mampu menghasilkan sayuran sendiri tanpa harus membeli ke pasar.

Adapun sistem tanam hidroponik dipilih karena metode tersebut sangat cocok digunakan di lahan yang terbatas. Sejak proses penanaman benih dilakukan, seluruh siswa diajak untuk mengamati perkembangan tanaman mereka dari waktu ke waktu. Siswa juga diajak untuk merawat tanaman masing – masing dengan sebaik – baiknya untuk mengasah rasa tanggungjawab mereka.

Selain itu penggunaan barang bekas sebagai media tanam bertujuan memberikan wawasan kepada siswa untuk senantiasa mampu menjaga kelestarian lingkungan serta mampu melihat peluang yang ada. Dalam hal ini memanfaatkan barang yang ada di sekitar lingkungan mereka untuk kepentingan yang bermanfaat.

Selain melakukan kegiatan Panen Raya secara seremonial, seluruh siswa juga diajak untuk menikmati hasil panen mereka. Sayuran yang mereka petik kemudian langsung dimasak di sekolah dan dinikmati bersama – sama.

Dengan adanya serangkaian kegiatan tersebut, siswa akan merasakan bahwa pelajaran yang mereka dapatkan dari sekolah benar – benar bermakna dan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*